Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

Bubur Talbinah Untuk Orang Sakit dan Orang Bersedih

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا أَنَّهَا كَانَتْ تَأْمُرُ بِالتَّلْبِينِ لِلْمَرِيضِ وَلِلْمَحْزُونِ عَلَى الْهَالِكِ وَكَانَتْ تَقُولُ: إِنِّي سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: إِنَّ التَّلْبِينَةَ تُجِمُّ فُؤَادَ الْمَرِيضِ وَتَذْهَبُ بِبَعْضِ الْحُزْنِ

Dari 'Aisyah radhiyallahu 'anha sesungguhnya dia biasa memerintahkan untuk memberi talbinah untuk orang sakit, dan juga untuk orang sedih karena musibah yang menimpanya. Dia berkata, "Sesungguhnya aku mendengar Rasulullah ﷺ bersabda, 'Sesungguhnya talbinah menghibur hati orang yang sakit dan menghilangkan sebagian kesedihan'." (HR. Al-Bukhari No. 5689)

عَنْ هِشَامٌ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ أَنَّهَا كَانَتْ تَأْمُرُ بِالتَّلْبِينَةِ وَتَقُولُ: هُوَ الْبَغِيضُ النَّافِعُ

Dari Hisyam dari Ayahnya dari 'Aisyah bahwa dia memerintahkan supaya menkonsumsi talbinah (adonan yang terbuat dari gandum dan buah kurma), katanya: "Talbinah adalah sesuatu yang tidak di sukai (dibenci) namun sangat bermanfa'at." (HR. Al-Bukhari No. 5690)

Bubur-Talbinah

Diantara perkataan Imam Ibnu Hajar rahimahullah dalam mensyarah hadits ini, beliau berkata:

Al-Ashma'i berkata, "Talbinah adalah sesuatu yang dihirup (seperti sup) dibuat dari tepung (gandum) atau kurma, lalu dicampur madu -ulama selainnya mengatakan 'atau susu'- dan dinamakan talbinah, karena warna dan kelembutannya mirip dengan laban (susu)." Ibnu Qutaibah berkata, "Bagi mereka yang mencampurnya dengan susu, maka alasan penamaan talbinah adalah karena bercampur dengan susu itu."

أَنَّهَا كَانَتْ تَأْمُرُ بِالتَّلْبِينِ Beliau ('Aisyah) biasa memerintahkan untuk memberikan talbin (talbinah).

لِلْمَرِيضِ وَلِلْمَحْزُونِ Bagi orang sakit dan sedih. Maksudnya, dibuat untuk masing-masing dari keduanya.

فَإِنَّهَا تَجُمُّ Sesungguhnya ia menyenangkan. Dalam riwayat Al-Laits disebutkan, فَإِنَّهَا مَجَبَّةٌ dan inilah yang masyhur. Maksudnya, ia (talbinah) membuat hati tentram dan menghilangkan kegundahan serta membangkitkan semangat.

Kata الْبَغِيض al-Baghid berasal dari kata al-Bughdh (kebencian). Artinya ia dibenci orang sakit padahal memberi manfaat kepadanya seperti obat-obat lainnya.

Al-Muwaffiq Al-Baghdadi berkata, "Jika engkau ingin mengetahui manfaat talbinah, maka ketahuilah manfaat air sya'ir (sejenis gandum) terutama patinya, sebab ia sangat cepat dicema dan memberi makanan secara lembut. Apabila diminum dalam keadaan panas, maka lebih baik dan lebih mampu membangkitkan panas."

Penulis kitab Al-Huda berkata, "Talbinah lebih bermanfaat daripada hasaa' (sejenis sup/bubur), karena ia dimasak setelah halus sehingga zat-zatnya keluar karena ditumbuk. Dengan demikian ia lebih banyak mensuplai bahan makanan, lebih kuat pengaruhnya, dan lebih banyak dalam mensterilkan. Hanya saja para ahli memilih yang matang, karena lebih lembut dan halus sehingga tidak memberatkan pencernaan orang yang sakit. Barangkali yang lebih cocok bagi orang sakit adalah air sya'ir jika dimasak tanpa ditumbuk, dan bagi orang sedih apabila dimasak setelah ditumbuk, berdasarkan isyarat terdahulu tentang perbedaan antara keduanya dari segi khasiatnya."[]


Herbal Thibbun Nabawy Tradisional
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar