Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

Penyebutan Jahe Dalam Al-Qur'an

Imam Ibnu Qoyyim rahimahullah dalam kitabnya Zadul Ma'ad ketika menyebutkan Obat dan Makanan yang disebutkan Nabi secara tunggal, diantara beliau menyebutkan tentang 'Zanjabil (Jahe)', berikut kutipannya:

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

وَيُسْقَوْنَ فِيهَا كَأْسًا كَانَ مِزَاجُهَا زَنجَبِيلًا

"Di dalam jannah (surga) itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe" (QS. Al-Insaan: 17)

Abu Nu'aim menyebutkan dalam kitab Ath-Thibb An-Nabawi dari hadits Abu Said Al-Khudri radhiyallahu 'anhu, bahwa ia menceritakan: Raja Romawi pernah menghadiahkan kepada Rasulullah ﷺ satu karung jahe. Beliau memberikan kepada setiap orang satu potong untuk dimakan, dan aku juga mendapatkan satu potong untuk kumakan."*

Jahe bersifat panas pada tingkatan kedua dan lembab pada tingkatan pertama. Jahe bisa menghangatkan tubuh, membantu pencernaan, melunakkan makanan dalam perut dengan stabil, berguna mengatasi penyumbatan lever yang terjadi karena hawa dingin dan lembab, juga mengobati mata lamur akibat kelembaban bila dimakan dan dijadikan celak, membantu kemampuan sek serta mengatasi angin duduk yang terjadi di usus dan lambung.

Secara umum, jahe amat baik bagi lever dan lambung yang mengalami metabolisme dingin. Bila dua potong jahe dicampur gula lalu diseduh dengan air panas, bisa menghancurkan sisa makanan yang lengket dan berair. Bisa juga dicampurkan dengan adonan obat pencegah dahak agar mudah mencair.

Jahe yang agak asam bersifat kering dan panas, bisa menggugah gairah seks, menambah hormon, menghangatkan lambung dan lever, membantu pencernaan, menghapus dahak berlebih pada tubuh, menambah daya hapal serta cocok untuk lever dan lambung yang kedinginan, menghilangkan kelembabannya akibat memakan buah-buahan, mengharumkan bau mulut serta menolak bahaya makanan yang kasar dan dingin.[]

* Kami tidak mendapati penilaian status (shohih atau dhoif) hadits ini (HealthEducation.My.Id).

Zanjabil-Jahe


Herbal Thibbun Nabawy Tradisional
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar